Kultum Ba'da Subuh Pertama di Tahun 2011

lab Telekomunikasi Politeknik Negeri Malang.
Hotspot (bengkel-telkom-www)
Laptop Acer 4736 milik Askafer Pandu.

A'udzubillahi minas syaithonir rojim.
Bismillahir rohmanir rohim.
Assalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

pada hari senin tanggal 3 januari 2011, kultum ba'da subuh diperdengarkan kembali di masjid Ashabul kahfi. kultum ini juga mengawali kultum di tahun 2011.

memang kelihatannya isi dan pokok bahasan tidak terlalu jauh dengan yang biasanya disampaikan. pertama kali Abuya menyampaikan kultum pagi itu dengan sindiran segar untuk para askafer. kira-kira seperti ini beliau berkata:

"kita sudah menjalani liburan selama 1 minggu atau 7 hari, dan selama itu hanya diisi dengan tidur dan nonton tv(film). kalau berkata seputar tidur, memang ini kegiatan yang tidak membosankan. selama apapun orang itu tidur, dia tidak akan pernah puas."

haha. memang, admin memang setuju dengan yang dikatakan oleh Abuya bahwa tidur itu tidak ada puasnya. hehe.
kultumpun berlanjut, dan askafer semakin dibuat kantuk oleh kultum Abuya. mungkin telinga para askafer sudah mempunyai filter tersendiri agar segala perkataan yang mereka dengar pada saat itu menjadi dongeng saat tidur. :D. berarti admin juga ngantuk dong? (dikit-dikit. :) )

admin sempat menyaring beberapa hal yang menurut admin dapat dijadikan pelajaran bagi anda semua. berikut ulasannya:

musuh terberat setiap insan adalah hawa nafsu mereka sendiri, kita sering terjatuh akibat tidak bisa mengendalikan hawa nafsu kita. mungkin kita sering mendengar ketika kita mengenyam bangku pendidikan, ketika dijelaskan bahwa "manusia adalah mahluk yang sempurna karena dikaruniai akal dan hawa nafsu". berbeda dengan malaikat yang hanya mempunyai akal tetapi tidak mempunyai nafsu, juga berbeda dengan hewan yang memiliki nafsu tetapi tidak memiliki akal. manusia bisa dikatakan perpaduan dari dua mahluk allah tersebut.

definisi manusia menurut ilmu islam sebagai berikut "manusia adalah hewan yang berakal", dari pernyataan diatas sudah dijelaskan dengan gamblang bahwa manusia itu adalah mahluk yang memiliki nafsu seperti hewan dan memiliki akal seperti malaikat. tetapi itu semua adalah karunia yang allah berikan untuk keperluan kita didunia, dalam hal sandang, pangan, papan ataupun ibadah memerlukan dua karunia Allah SWT tersebut.

ada satu karunia lagi yang allah berikan pada kita, yaitu hati nurani. karunia yang satu ini adalah pokok dari hubungan kita dengan Allah SWT. kita akan dibimbing oleh Allah SWT lewat karunia Allah tersebut. tempat iman dan taqwa kita kepada Allah SWT berada dihati nurani, hanya saja kita sering berbohong kepada hati nurani kita sendiri karena pada dasarnya hati kita ini diciptakan dalam keadaan suci dan dosa-dosa yang membuat nur Allah SWT di hati kita terhalangi dan hampir tidak tampak, naudzubillahimin dzalik. semoga Allah menjadikan hati kita bersinar dan menjadi orang-orang muslim yang mukmin. amin.

Allah SWT telah berfirman didalam Alqur'an QS Al-Baqarah ayat 208 sebagai berikut: Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu.” selain hawa nafsu, musuh bagi manusia adalah setan seperti yang sudah diterangkan oleh ayat diatas.

mungkin jika ada waktu, akan diulas posting khusus untuk setan yang terkutuk.

semoga kita kita dapat mengendalikan hawa nafsu dan melawan setan yang terkutuk, amin ya robbal 'alamin.

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Isim (kata benda), Fi'il (kata kerja) dan Huruf (selain kata benda dan kerja)

Syari'at, thoriqot, Hakikat, Makrifat

Mengatasi Problem "Can't print: just says "Error - Printing" in queue" pada Printer