Ber-Siwaklah Sebelum Terlambat

Jaringan Operator Smartfren, Singojuruh, Banyuwangi
Laptop Pribadi nih [ Alhamdulillah ]

Udah lama emang gak posting, tahunan malah. Tapi kucoba ah, dikit-dikit ngeshare tentang pengalaman yang mungkin bisa memberi manfaat kita semua, khususnya saya sendiri.

Ok, kali ini saya coba bahas tentang kebersihan gigi nih. Saya bukan orang yang termasuk pemelihara kebersihan gigi, oleh karena itu kejadian ini jangan sampai sampai ke anda atau ke anak cucu anda.

Saya baru berumur 21 tahun, tapi sudah kehilangan gigi seri permanen saya. penyebabnya bukan kecelakaan atau apalah, ini karena emang dari kecil saya kurang merawat gigi saya. hingga akhirnya, berlubang dan keropos dan tipis sekali. dan hingga saat kelas 2 SMK, gigi saya patah karena terkena senggol tangan teman saya. dan segera dilarikan ke dokter gigi di nganjuk [ jauh amat, sekolah di jombang berobat ke dokter gigi nganjuk ]. ceritanya panik sekali dulu, hingga akhirnya saya dan teman saya yang jadi tersangka memutuskan untuk membolos sekolah karena gigi ini.

perjalanan pun kami tempuh hingga sampai di tempat dokter gigi, konon dokter gigi ini ahli dibidang gigi [ya iyalah, namanya juga dokter gigi ]. gigi saya diperiksa, dan karena kondisi korban gigi adalah patah dan bukan lepas, maka masih menyisakan setengah gigi yang rata dengan gusi. Dokter pun tanpa basa basi ngeluarin tuh gaman-gaman nya. gigi saya dibor untuk memasang baut berwarna kekunigan, dan dia memasang gigi tambahannya didepan baut itu dan menumpuk beton kapur lagi dibagian belakang. dan akhirnya gigi saya terlihat baik seperti semula. saya mengeruk gocek sebesar Rp.100.000 di tahun 2008.

kebahagiaan itu tak berlangsung lama, hingga gigi pasangannya mulai goyang dan lepas setiap satu tahun sekali. dan saya memasang ke dokter gigi lagi sekitar sudah 4 kalian karena gigi buatannnya masih ada di tangan saya. dan ketika 1 bulanan yang lalu, gigi saya lari ke lubang pembuangan air wudhu ketika berkumur.

lalu saya ingin membuat kembali di dokter yang lain, kali ini saya pulang kampung ke Banyuwangi. dan saya berobat ke dokter gigi RS. Muhammadiyah Rogojampi. saya datang, dokter memeriksa dengan seksama kemudian menyuruh saya duduk dan menerangkan bahwa gigi saya sudah infeksi dan jika tidak segera diatasi , maka bisa merambat ke hidung [ waduh, pikirku ].
 'terus gimana dok?', saya tanya langsung karena hawatir nih.
'ya, harus segera di operasi.', dengan wajah serius ternyata.
 'operasi dok? kapan dok?', tanyaku lagi.
gak jawab malah tanya balik dokternya,'udah pernah dirawat dirumah sakit?'.
buju busyet, saya jawab ' belum dok, operasi aja belum pernah.'. kebayang tuh peratalatan operasi dan segala prosedurnya yang ada kayak di film2.
'ya udah, ayo sekarang operasi.', kata dokternya.
 'sekarang dok?', otomatis saya tanya.
'iya sekarang', katanya menegaskan.

ok, siapa takut. akhirnya sisa gigi saya yang masih tertanam di gusi diambil nih. ternyata gak sakit, karena udah disuntik bius tuh di gusinya. dan selesainya dijahit 2 jahitan gusinya. dan akan dipasang gigi setelah sembuh kata dokternya.

dan hari ini, tanggal 5 bulan maret 2013 rencananya ingin memasang gigi seri saya. semoga saja tak ada kendala. amin.

Ok guys, cerita ini semoga menjadi pelajaran karena gak enak tuh sakit gigi. sampek ada syair mengatakan ' lebih baik sakit hati daripada sakit gigi', hehe. gak tahu tu syair kebalik apa nggak. tapi yang penting sakit gigi tuh gak enak.

dan saat, ini saya teringat tentang sunnah Rosulullah SAW tentang siwak [ gosok gigi ]. makanya, kenapa kok Rosulullah SAW sampai sampai akan mewajibkan siwak ini jika tidak khawatir akan memberatkan umatnya. dan gigi juga gak bisa balik lagi gan, setiap manusia diberi dua generasi gigi yaitu gigi susu dan gigi permanen tuh.

makanya, marilah mulai sekarang. saya, anda dan keluarga kita sekarang segera menjadwalkan rutinitas gosok gigi nih. contohnya, memasang poster bahaya jika tidak menggosok gigi dikamar mandi tuh dan juga selalu membawa kayu 'aroq' [ kayu siwak arab, di toko muslim ada biasanya ].

nih penampakan dari kayu aroq. biasanya harganya 10ribuan. tergantung kualitasnya.


http://www.apoteker.info/Gambar/batang%20siwak.jpg


mari hidupkan sunnah, saya ingatkan diri saya dan anda.
mari berjuang.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Isim (kata benda), Fi'il (kata kerja) dan Huruf (selain kata benda dan kerja)

Syari'at, thoriqot, Hakikat, Makrifat

Mengatasi Problem "Can't print: just says "Error - Printing" in queue" pada Printer